Kalau Kata Raisa, LDR.

Seandainya jarak tiada berarti
Akan ku arungi ruang dan waktu dalam sekejap saja
Seandainya sang waktu dapat mengerti
Takkan ada rindu yang terus mengganggu
Kau akan kembali bersamaku

Begitulah kata Raisa di dalam lagunya yang berjudul LDR. Apasih yang di maksud LDR? LDR atau Long Distance Realitionship adalah pacaran jarak jauh. Eh tunggu dulu.. pacaran kok jarak jauh sih? Itu pacaran atau tendangan bebas? Hahaha.

Nah, di postingan kali ini gue akan membahas soal LDR nih guys. Kenapa gue membahas soal LDR? karena saat ini gue sedang menjalani LDR.

Jujur, dalam sejarah hidup gue, baru kali ini gue merasakan yang namanya LDR-an. Biasanya gue selalu pacaran sama orang yang satu sekolah sama gue. Bahkan satu kelas.
Di kelas ketemu, di lab ketemu, di kantin ketemu, makan bareng, pulang bareng, main bareng. Pokoknya apa-apa bareng deh. Udah kayak nasi box dan aqua lengkap dengan kerupuknya.

Dari dulu sebenarnya gue punya prinsip nggak akan pernah mau LDR-an. Daripada LDR, mendingan gue jomblo. Karena gue pikir, pacaran yang deket aja kadang susah untuk saling percaya. Apalagi yang jauh.

Gue nggak akan tau dia lagi apa, sama siapa, ngapain aja. Toh, kalau dia bohong pun gue nggak akan tau. Karena kita jauh.

Gue juga berpikir pacaran yang deket aja pada akhirnya hancur lebur berantakan, gimana yang jauh?

Ditambah lagi dengan mendengar cerita dari temen gue yang mengeluh soal LDR. Nggak ada kabar lah, komunikasi terganggu karena sinyal lah, di selingkuhin lah.

Semua itu membuat gue berpikir, "Oke, gue nggak mau LDR-an!"

TAPI..
Ada tapinya nih guys..

Tapi pada akhirnya ada seseorang yang membuat gue jatuh cinta *cieee, dan jarak memaksa kita buat LDR-an. Kalo kalian pengin tau kisahnya, kalian bisa baca di postingan gue sebelumnya yang berjudul "Memories".

Nah, setelah gue menerima kenyataan bahwa saat ini gue sedang menjalin LDR, gue keinget sama omongan gue dulu yang katanya nggak akan pernah mau LDR-an. Ternyata gue kemakan sama omongan gue sendiri. Haha.

Ada beberapa pelajaran yang bisa gue ambil dari hubungan LDR ini;

1. Kepercayaan
Gue rasa poin pertama ini adalah hal yang paling penting. Karena, jika suatu hubungan tidak di landasi oleh kepercayaan pasti nggak akan berjalan dengan baik. Apalagi untuk yang LDR-an, mengingat dia jauh dari kita, maka kepercayaan ini harus dilipat gandakan.

2. Berpikir Positif
Poin kedua ini mungkin masih berhubungan dengan poin yang pertama. Berpikir positif. Ketika dia nggak ada kabar, ketika dia terlambat mengirimkan pesan, apalagi ketika dia sedang online tapi pesan whatsapp kita nggak di read atau di read doang, berpikir positif aja. Mungkin dia lagi chattingan sama rekan kerjanya, atau sama ibunya ya kan.

Intinya jangan sampai kita menaruh rasa curiga kepada pasangan kita. Jangan sampai pikiran negatif kita membuat si dia nggak nyaman lagi dengan kita.

3. Pengertian
Poin ketiga ini juga sangat penting dalam menjalin sebuah hubungan, apalagi bagi LDR. Kita harus mengerti kesibukkan dia, mengerti bahwa tidak setiap waktu dia harus memberi kabar. Mengerti kalau jarak membuat kalian tidak bisa bertemu setiap saat.

4. Komunikasi
Poin keempat ini juga penting guys. Kok penting semua ya dari tadi? haha. Pokoknya, poin yang udah gue jabarin diatas itu penting. Titik.
Bicara soal komunikasi, komunikasi sama pasangan kalian itu harus banget dijaga. Kalian LDR, jauh, nggak bisa ketemuan. Terus kalo nggak komunikasian, mau ngapain lagi?

..

Terkadang gue suka berpikir.
Pacaran jarak jauh.. buat apa? Tiap hari cuma liatin layar handphone, chattingan, teleponan.
Nggak bisa ketemu, nggak bisa main bareng, nggak bisa makan bareng. Sama aja nggak punya pacar dong gue apa-apa disini sendiri?

Gue nggak tau kapan gue bisa ketemu sama doi. Cielah doi. Karena gue tau dia sibuk.

Gue juga nggak tau gimana kedepannya hubungan LDR ini. Gue sih berharap hubungan ini akan selalu baik-baik aja. Tapi nggak ada yang tau takdir kan? Hehe.

Jika harus berakhir pun, setidaknya gue bisa mendapatkan banyak pelajaran dari doi. Salah satunya gue bisa kembali nulis dan ngeblog. Berkat dia, tulisan ini ada.

Untuk kalian yang sedang menjalani LDR, gue cuma pengin bilang kalo selama kalian percaya satu sama lain, saling mengerti, bisa menjaga komunikasi, pasti hubungan kalian akan baik-baik saja.

Satu lagi, LDR mengajarkan kita apa itu artinya rindu. Jangan sampai jarak membuat hubungan itu harus berakhir. Ambil pelajaran dari sana dan jadilah pribadi yang lebih baik.

Gimana nih gan, apa kalian juga pernah menjalani hubungan LDR?

You Might Also Like

24 komentar

  1. Keren.. cocok banget..
    Www.saygooo.com

    BalasHapus
  2. semua pacaran itu jarakx jauh, krn yg dekat itu nikah. hehe semangat trus yg lg LDR-ran... πŸ‘πŸ‘πŸ˜€

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penuh arti banget Bang :D "semua yang pacaran itu jauh, krn yang dekat itu nikah".

      Hapus
  3. Ho oh kemakan omongan sendiri
    Pacaran jarak jauh buat apa coba
    Mending putusin aja lagi

    BalasHapus
  4. menurut saya sih LDR hanya kata2 aja. sejak dulu sudah ada, bahkan pasutri jaga banyak yang LDR karena salah satu ada yang kerja diluar kota misalnya.

    But, it doesn't matter if each other keeps each other's feelings. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. " But, it doesn't matter if each other keeps each other's feelings. :) "

      That's true :)

      Hapus
  5. Semangat sis, tetap jaga kesetiaan

    BalasHapus
  6. Susah nya LDR-an itu,
    Punya pacar tapi berasa jomblo trs! :)

    BalasHapus
  7. ldr yuk kita sis hehe

    bw balik ya

    BalasHapus
  8. Kalau yang LDR intinya harus saling percaya

    BalasHapus
  9. Artikel pendek LDR versi saya sis. Sapa tau pengen baca http://www.nulis.online/2018/02/ldr-kalau-saya-sih-ogah.html

    BalasHapus
  10. Hmmm saya gak pernah LDR-an apalgi pacaran :v

    BalasHapus
  11. LDR...oh jadi inget sesuatu. teknosmurf.blogspot.com

    BalasHapus
  12. Ngomong2 LDR saya jadi sedih😒 dulu semenjak saya merantau ke luar kota hubungan kami baik2 saja, hingga pasti suatu hari komunikasi kami mulai renggang mulai hilang kepercayaan satu sama lain, hingga akhirnya kita memilih untuk putus sebagai langkah terbaik dan mantan pacar saya sekarang kerja diluar negeri dan menjalani hubungan baru dengan kekasihnya juga yg ada diluar negeri, ya tuhan hati saya hancur melihat kenyataan ini, itulah mengapa saya membentuk blog ini www.depresijurnalis.com sebagai rasa kecewa saya telah dikhianati, btw boleh donk di bw+kasih cendol heheπŸ˜πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sedih banget gan, jadi galau 😭

      Hapus
  13. Ternyata LDR-an nggak mudah. Mungkin bukan LDR nya, tapi orangnya. Pada akhirnya gue memutuskan untuk berhenti. Rabu, 21 Februari 2018. Sekian dan terimakasih. 😭

    BalasHapus