PERTAMA KALI TES DI PT (SHARP ELECTRONICS)

Hallo guys, di postingan kali ini gue akan menceritakan pengalaman gue pertama kali tes di PT langsung.

Beberapa bulan belakangan ini gue iseng-iseng suka buka aplikasi jobstreet. Buat kalian yang belum tau apa itu jobstreet, jobstreet adalah suatu aplikasi untuk melamar pekerjaan. Jadi, kalian tinggal download di playstore, isi data kalian, lalu kalian tinggal lamar jika ada lowongan pekerjaan. Menurut gue, aplikasi ini sangat memudahkan kita untuk melamar pekerjaan.

Puluhan lamaran pakerjaan udah gue lamar melalui jobstreet. Gue sih sebenernya nggak terlalu berharap banyak karna gue masih punya pekerjaan untuk saat ini (Gotix Cake).

Tapi tiba-tiba, pada hari Rabu tanggal 17 Januari gue di telpon oleh PT. SHARP ELECTRONICS untuk mengikuti tes yang diadakan pada hari Kamis 18 Januari 2018.

Gue pun bingung mau datang atau enggak. Karena gue bener-bener nggak nyangka bakal di panggil. Gue buka kembali aplikasi jobstreet gue, dan gue ngeliat lamaran gue ke PT. SHARP pada bulan november. Ternyata ada dua ribu lebih orang yang melamar disana.
Disitu gue mikir, "kok bisa sih gue kepanggil untuk ikut tes dari dua ribu lebih orang itu?".

Gue cerita ke orang tua gue, dan mereka suruh gue untuk ikut. Mereka bilang "kesempatan nggak datang dua kali". Kebetulan sekali pada hari Kamis itu gue masuk kerja shift 2 (di Gotix), jadi gue pikir paginya gue bisa datang buat ikut tes.

Kamis, 18 Januari 2018.

Jam 6.30 gue mulai siap-siap untuk pergi ke PT. SHARP. Dengan berbekal keyakinan, doa, dan semangat, pukul 7.20 gue berangkat menggunakan grab. Untung aja gue dapat abang grab yang gesit, jadi gue bisa sampai ke PT tepat waktu.

Sesampainya di PT. SHARP, gue bertanya kepada satpam dimana tempat untuk mengikuti tes. Dia pun memberikan petunjuk jalan ke gue. Disana gue bener-bener sendirian. Nggak ada teman dan nggak ada orang yang gue kenal.

Gue disuruh ke tempat pos penerima tamu untuk mengisi data. Gue diminta untuk mengeluarkan kartu identitas. Disitu gue baru ingat kalo gue nggak bawa kartu identitas apapun. Tapi untungnya gue diperbolehkan untuk masuk ke dalam.

Disana gue bertemu dengan 5 orang laki-laki dan 1 orang perempuan. Jadi, orang yang ikut tes pada saat itu  berjumlah 7 orang. Nggak lama setelah itu kami semua diminta untuk masuk ke dalam kantor. Disitu kami menuliskan data-data diri kami seperti nama, asal sekolah, biodata keluarga, keahlian, pengalaman kerja, dan lain-lain.

Setelah semua selesai, lalu kami dipindahkan ke suatu ruangan untuk mulai mengisi tes. Tes dibagi menjadi 3 jenis soal.

Lembar soal yang pertama adalah menghitung total kubus, lembar tes kedua adalah tes ketelitian apakah kata atau angka yang berada di kanan dan kiri itu sama atau tidak. Lalu lembar soal terakhir adalah tes logika penalaran.

Setelah tes selesai, lalu kami mulai masuk ke tahap interview. Nama pertama yang di panggil adalah Eka dan Venita. Kami berdua pun masuk ke ruang interview. Seperti interview pada umumnya, satu persatu dari kami dipersilahkan untuk berdiri dan memperkenalkan diri.

Setelah itu kami diberitahu sedikit gambaran tentang pekerjaan yang kami lamar. Sesi interview pun selesai dan kami diperbolehkan untuk pulang. Kami diberitahu jika kami lolos maka kami akan di hubungi kembali dalam jangka waktu dua minggu.

Gue dan Eka pun keluar dari ruangan dan segera untuk pulang. Seperti biasa, gue pulang menggunakan grab dan sampai dirumah kurang lebih sekitar pukul 11 siang.

...

Nah, jadi itu adalah cerita pengalaman gue pertama kalinya tes di PT.
Emang deg-degan sih, tapi gue harus yakin sama hasil tes gue. Kalau lolos, Alhamdulillah. Kalau pun enggak juga ya nggak apa-apa. Seenggaknya gue jadi punya pengalaman gimana rasanya tes dan interview di PT.

Buat kalian yang belum mendapatkan pekerjaan, selain melamar lewat email atau pos, kalian juga bisa menggunakan aplikasi jobstreet atau aplikasi lainnya yang sama seperti itu.

Segitu aja cerita dari gue. Terima kasih buat kalian yang udah baca. Sampai ketemu di postingan gue berikutnya. Cheers!🍻

Venitanf.

You Might Also Like

15 komentar

  1. Keren, semoga nanti di terima kaka, ditunggu kunbalnya
    www.nulis.online
    www.linuxosindonesia.com
    www.harmonikediri.com

    BalasHapus
  2. Semangaat yaaa!
    Btw selain nyoba dijobstreet, kamu bisa cobain LINKEDIN, itu aplikasi buat memperluas networking juga :)

    Mampir yuk ke blogku : https://betaniagian.com/

    BalasHapus
  3. Semoga keterima, Sob.. jangan lupa berdoa.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. keren.. gajinya brp mbak...
    ditunggu kunjungannya www.rolitastory.blogspot.co.id

    BalasHapus
  6. Terimakasih sudah berbagi pengalamnya kak, saya masih berjuang menyelesaikan studi nih.

    BalasHapus
  7. Semangat Terus ya kaka..jangan pernah menyerah ^_^

    BalasHapus
  8. hasilnya bagaimana kak ? karena minggu lalu saya baru aja test

    BalasHapus
  9. Lolos atau ngga nya bakal di kasih tau ga ya mbak, soal nya aku juga tes tapi udh 2minggu ga ada kelanjutan

    BalasHapus