Pengalaman Kerja di Geprek Bensu Karawang


Halo guys, di postingan kali ini gue akan menceritakan pengalaman kerja gue di Geprek Bensu Karawang by Ruben Onsu.

Pada awalnya gue ngeliat Geprek Bensu Karawang masih dalam proses pembangunan. Gue pikir pasti disitu buka lowongan kerja. Gue langsung ngecek instagramnya, dan ternyata benar, Geprek Bensu lagi buka lowongan kerja. Gue coba ngelamar melalui email. Dan pada tanggal 16 April gue naruh lamaran langsung ke outletnya.

Pada hari Kamis tanggal 19 April 2018 sekitar jam 22:00 gue di hubungin sama pihak Geprek Bensu untuk mengikuti training. Gue bingung kok langsung training, nggak di tes atau interview dulu gitu. Tapi karena gue dipanggil, yaudah gue datang. Gue disuruh datang sekitar jam 08:00.

Hari Jumat tanggal 20 April pukul 08:00 gue sudah ada di outlet Geprek Bensu. Pas masuk ke dalam gue agak awkwrd gitu karena disitu kebanyakan cowok, haha.
Gue langsung bertemu dengan Ibu Christine, dia ngasih tau gue tentang sistem kerja, gaji dan gambaran pekerjaan. Pagi itu juga gue langsung menjalani training.

Alhamdulillah karena gue punya pengalaman kasir sebelumnya, jadi waktu di training gue lumayan bisa. Cuma mungkin ada beberapa hal yang berbeda. Contohnya, di tempat kerja gue yang lama kasirnya pake PC. Kalo di Geprek Bensu ini gue pake tablet.


Terus kalau di tempat yang lama nggak pake recehan, disini recehan sangat dibutuhkan. Karena setiap menu dikenakan ppn 10% jadi kemungkinan ada pecahan logam.

Training pagi itu pertama-tama gue diterangkan teori oleh Ibu Christine. Tentang menu dan lain-lain. Setelah itu baru gue praktek dengan Pak Handoko. Cara menggunakan aplikasi di tabletnya, cara ordernya, berbagai macam cara deh pokoknya, haha.

Sekitar jam 10, ada 2 orang perempuan lagi datang untuk bagian kasir juga. Namanya Riska dan Wika. Kami training bareng. Jadi total karyawan disitu ada 14 orang. Yang gue salut adalah dibagian kitchen itu semuanya laki-laki. Yang masak ayam, geprek ayam, nyiapin bumbu-bumbu, dan masak yang lain-lain itu semuanya laki-laki, haha. Gue aja sebagai perempuan mungkin nggak bisa kayak mereka.

Setelah training selesai kita boleh ngeliatin kitchen/dapur. Ngeliat karyawan yang lain masak. Kita juga makan siang disitu, dengan menu Geprek Bensu tentunya, hehe. Menurut gue menunya enak (atau gue lagi laper ya haha), sambelnya menurut gue sedikit aja udah pedes banget. Mungkin level 2/3 aja udah bikin lambung gue berdebar. Apalagi level 10, usus gue bisa-bisa migren.



Oh ya, sorenya tiba-tiba ada bapak Gojek datang ke dalam, mau pesan. Padahal kita belum buka, baru Grand Opening besok. Tapi karena Geprek Bensu nya sudah aktif di Gojek jadi kita layani bapak ini. Eh, akhirnya yang lain juga ikutan pada masuk dan pesan. Disitu benar-benar kita nggak ada persiapan apapun. Modal belum masuk, kita para kasir juga belum khatam bener ya kan baru training tadi pagi, sorenya di serbu, besok Grand Opening. Aduhh..

Sudah dipastikan bakal riweuh, akhirnya atasan juga yang turun tangan, haha. Tapi orderan sore itu dibatasi. Kita cuma ngelayanin sedikit aja karena kita memang belum buka. Semuanya belum dipersiapkan. Jadi daripada amburadul ya, mending kita tutup aja pintunya, hehe.

Sekitar pukul 19:00 kita briefing dulu. Pokoknya disitu gue dan yang lainnya diberi arahan. Tentang outlet, service, team work, dan yang lainnya. Setelah itu kami diberi seragam. Lalu kami membereskan area kasir. Setelah semuanya beres, sekitar pukul 20:00 kita diperbolehkan pulang.

Grand Opening, Sabtu 21 April 2018.

Ya, hari ini adalah hari pembukaan Geprek Bensu Karawang. Ohiya, kemarin gue dibagi shift. Gue bagian jam 8, dan 2 kasir lainnya jam 12. Itu berarti gue sendirian. Ya nggak sendirian juga sih, gue tau pasti gue dibantu.

Nggak seperti yang gue bayangkan, seperti yang kemarin sudah di briefing, Ruben Onsu nya tidak hadir di Grand Opening Geprek Bensu Karawang ini.

Padahal kalau ada Ruben Onsu pasti rame banget. Ya ada untungnya juga sih dia nggak datang, jadi nggak rame yang minta foto atau tanda tangan gitu haha. Karena kalau iya, pasti ribet.

Pukul 08:00 gue sudah ada di outlet. Jujur selama perjalanan gue deg-degan banget. Kayak kalau ketemu gebetan lah kurang lebih rasanya, haha. Gue cuma bisa berdoa sepanjang perjalanan.

Tiba disana gue bingung mau ngapain haha. Karena lebih sibuk yang di dapur. Nyiapin segala macam kebutuhan.

Gue nyiapin kasiran, bantu beres-beres, liatin yang kerja di dapur. Setelah itu sekitar pukul 09:00 kita semua briefing dulu. Sayangnya nggak ada foto bareng-bareng, yha sedih jadi nggak bisa sharing. Tapi yaudahlah ya. 

Pukul 10 kita udah mulai buka. Nggak ada acara resmi kayak pembukaan toko gitu kayak misalnya potong pita, atau di hiasi balon-balon gitu nggak ada. Langsung buka aja kayak biasa.

Seperti yang sudah gue bayangkan sebelumnya, orang-orang langsung menyerbu Geprek Bensu. Jujur gue masih agak nervous. Bukan karena orang-orang. Tapi karena gue takut salah. Takut salah input, salah ngembaliin, kan gue juga yang rugi nanti. Haha.

Tapi untungnya gue juga di bantu sama pihak Geprek Bensu. Jadi ya nggak terlalu berat.

Waktu terus berputar, semakin siang semakin ramai. Yang tadinya segar, gue udah mulai ngerasa capek. Sekitar pukul 13:00 gue break dulu karena gue udah nggak kuat, rame banget pengen nangis, haha.

Menurut gue yang membuat agak ribet itu karena menu disini beragam. Ada ayamnya aja, ada paket ayam. Ada yang keju, leleh, telur asin, ada levelnya, ada yang khusus buat gojek/grab, ada menu serba 5000, minuman juga beragam. Ada yang dine in, ada yang take away. Jadi bisa dibilang sok pabeulit kitu. Ditambah lagi kasirnya menggunakan tablet, dan cuma ada 1. Ya mungkin juga karena itu baru hari pertama, jadi belum terbiasa.

menu nya ya guys

Gue break cuma sebentar, cuma pengin bernapas, minum, dan duduk. Udah itu aja. Haha. Sekitar 15 menitan lah. Abis itu gue turun ke bawah lagi untuk kerja.

Makin sore ternyata semakin ramai. Antrian udah panjang banget. Pokoknya benar-benar ramai. Nggak ada waktu buat duduk, buat main hp, nggak ada.

Jam 4 sore kita sudah kehabisan ayam. Sedang proses penggorengan lagi di dapur. Jadi kita close order dan open lagi jam 5. Tapi tetap aja orang pada berdatangan. Mereka mau nunggu dan pesan dulu. Akhirnya kita tetap layani. Nggak butuh waktu lama sih sebelum jam 5an juga sudah ready lagi.

Makin sore gue udah ngerasa tak berdaya, haha. Gue kira gue 8 jam kerja itu artinya dari jam 8 pagi berarti gue pulang jam 4. Tapi gue salah. Sampai jam 4 pun gue belum pulang karena memang antrian panjang banget. 

Jam 5, jam 6, jam 7, antrian masih panjang. Maklum sih karena ini Grand Opening, dan faktor malam minggu juga kali ya, haha. Jadi rame banget.

Kalo kalian nanya soal problem, huh banyak. Misalnya salah input pesanan, ada yang double input, macam-macam deh pokoknya. 

Udah pukul 8 perasaan gue bener-bener udah campur aduk. Capek, kaki pegel, suara habis, rasanya gue pengen tiduran aja disitu, haha. Ya gue dari jam 8 pagi. 12 jam cuy.

Akhirnya sekitar pukul 20:30 gue diperbolehkan untuk pulang. Pada pukul segitu juga kebetulan stock memang sudah habis. Tinggal kelarin orderan aja. Akhirnya gue pulang. Gue main dulu ke tempat kerja gue yang sebelumnya. Jadi kurang lebih gue sampai rumah pukul 21:30.

Gue nggak tau mereka ngapain lagi disana setelah gue pulang. Mungkin briefing lagi, beres-beres, atau ngitung uang kasiran, gue juga di rumah mikirin terus uang kasir. Takutnya minus/kurang. Kurang sih udah pasti kayaknya. Cuma ya gue berharap kurangnya nggak banyak-banyak banget gitu lah ya.

Sebenarnya gue pengen disitu sampai benar-benar selesai semua. Tapi mata ini, kaki ini, tangan ini, tubuh dan segenap jiwa raga ini, cielah, udah melambaikan bendera putih. Jadi gue memutuskan untuk pulang.Gue dikasih tau kalau besok gue masuk jam 09:30. 

Setelah dirumah gue malah nggak bisa tidur. Makanya gue nulis. Saat ini pukul 00:28 dan gue masih nulis, hehe. Mungkin akan gue post ke blog malam ini juga.

Nah, jadi itulah guys pengalaman gue bagaimana bisa bekerja di Geprek Bensu, dan bagaimana pengalaman Grand Opening tadi.

Walaupun gajinya nggak terlalu besar, walau pun capek, tapi gue senang. Gue jadi tau hal baru, pelajaran baru, teman baru, pengalaman baru. 

Semoga kedepannya semua selalu berjalan dengan baik. Tugas gue disini adalah gue harus memberikan pelayanan gue sebaik-baiknya. Gue akan memberikan yang terbaik yang gue bisa.

Ya udah, jadi gitu aja ya guys, makasih buat kalian yang udah mampir dan baca blog gue ini. Nantikan cerita-cerita gue berikutnya ya, cheers!





You Might Also Like

2 komentar

  1. Semangat Kerjanya ka semangat jg ngeblognya . btw blognya bagus dan lucu ~

    BalasHapus