Tulisan yang Tak Kunjung Usai

Sesuai dengan judulnya, pada postingan ini saya akan menyampaikan keluh kesah saya mengenai tulisan saya.

Kalau kalian mengikuti blog saya dari awal, pasti kalian tau kalau saya sangat suka menulis. Saya selalu mengatakan bahwa saya ingin menjadi penulis.

Dulu saya menuliskan apapun yang ingin saya tulis. Bukan hanya tulisan pendek, bahkan tulisan panjang pun saya tulis dalam waktu singkat.

Seiring berjalan nya waktu, saya mulai bosan menulis. Entah mengapa, setiap kali ingin menulis, setiap kali ingin membuat cerita, saya selalu dihantui oleh rasa malas.

Jujur saya mengakui kalau saya mengkhianati diri saya sendiri.

Saya pernah mengatakan kalau blog ini akan selalu ada. Saya mengatakan kalau saya akan terus menulis.

Faktanya adalah, ketika saya sudah sibuk dengan pekerjaan saya, saya tidak punya waktu lagi untuk menulis.

Ah, saya berbohong.

Sebenarnya saya punya banyak waktu. Setelah pekerjaan saya selesai, atau saat saya libur seharusnya saya bisa membuat tulisan.

Tapi seperti yang saya katakan tadi, bahwa saya bosan. Saya tidak punya semangat untuk menulis. Bahkan saya sempat merasa kalau diri saya sudah tidak bisa menulis lagi.

Pernah saya memaksakan diri untuk menulis, selama berbulan-bulan tulisan itu tak kunjung selesai. Masih berupa draft.

Banyak pula tulisan yang terdapat di memo saya. Tapi semua tulisan itu hanya berhenti di tengah jalan. Seakan saya tak punya ide lagi untuk meneruskan tulisan itu sampai selesai dan mempostingnya di blog saya.

Tak ingin rasa bosan ini menghantui saya terus menerus, saya pun mencoba mencari inspirasi.

Saya membaca postingan-postingan penulis yang saya suka seperti Boy Candra, Fiersa Besari, Tere Liye, dan yang lainnya.

Saya membaca blognya Aci Resti yang menceritakan tentang pengalaman-pengalaman hidupnya.

Saya kembali membuka akun tumblr, berharap saya mendapatkan inspirasi dari sana.

Sampai saya bertanya kepada google bagaimana caranya mengatasi rasa bosan dalam menulis dan bagaimana caranya mengembalikan semangat menulis. Kemudian saya membaca beberapa artikel yang ada disana.

Tetap saja. Semua itu tak berhasil. Saya belum menghasilkan tulisan apapun lagi.

Saya menyadari bahwa saya belum bisa menulis lagi terhitung sejak terakhir saya memposting tulisan di blog, yaitu sekitar 4 bulan yang lalu. Saya sangat sedih terhadap diri saya sendiri.

Saat pergantian tahun kemarin, saya membuat resolusi untuk diri saya.

Salah satu resolusi saya adalah, saya ingin kembali menulis. Saya ingin menghidupkan kembali blog saya.

Saya masih ingin mewujudkan cita-cita saya sejak dulu, yaitu menjadi seorang penulis.

Saya tak ingin memberikan janji-janji lagi, tapi saya berharap banyak kepada diri saya sendiri agar saya bisa menyelesaikan semua tulisan yang ada di memo saya.

Saya berharap agar saya bisa membuat tulisan-tulisan dan kembali mengisi blog saya lagi.

Untuk kalian, siapapun yang membaca tulisan ini, tolong bantu doakan saya agar setidaknya saya bisa terus menulis. :)

Sekian,
Venitanf.

You Might Also Like

3 komentar

  1. artikel yang menarik, lanjutkan.
    kunjungan dari softkini.blogspot.co.id

    BalasHapus
  2. Kita merasakan hal yang sama mbak :')

    BalasHapus
  3. semangat mbak. bekerja dab berbuat untuk diri sendiri ketika itu sema terpenuhi. semua aka mengikuti

    mampir ke blok saya kalau sempat ya mbak
    http://pustakapetani.blogspot.co.id

    BalasHapus