Hari Perempuan Internasional

Hari ini, 8 Maret 2018 adalah Hari Perempuan Internasional atau International Women's Day.



Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang Hari Perempuan Internasional:

1. Peringatan Hari Perempuan Internasional ini berawal dari kegelisahan besar dan debat kritis di kalangan perempuan. Mereka menganggap ada tekanan dan perlakuan tidak adil terhadap kaum hawa di masa itu. Hingga akhirnya, pada tahun 1900-an untuk pertama kalinya sekitar 15 ribu perempuan melakukan aksi turun ke jalan di New York, Amerika Serikat.

2. Pada awalnya, Hari Perempuan Internasional ini diperingati pada tanggal 28 Februari, namun kemudian Hari Perempuan Internasional diresmikan pada tanggal 8 Maret 1907.

3. Hari Perempuan Internasional secara resmi dijadikan sebagai hari libur nasional di Soviet Rusia pada tahun 1917, dan dirayakan secara luas di negara sosialis maupun komunis.

4. Peringatan Hari Perempuan Internasional setiap tahun dimeriahkan di seluruh dunia dengan berbagai cara. Mulai dari penampilan karya seni, hingga aksi turun ke jalan.

5. Tujuan dasar diadakannya peringatan ini adalah untuk mencapai kesetaraan gender secara utuh oleh perempuan di seluruh dunia. Juga untuk menyuarakan hak-hak perempuan, diantaranya menuntut perlindungan dari pelecehan seksual, penganiayaan, dan kekerasan.

6. Pada tanggal 4 Maret 2018 kemarin, Indonesia Business Coalition for Women Empowerment (IBCWE) bekerja sama dengan UN Women untuk menggelar kegiatan fun run bertajuk 'He For She Run 2018', sebagai bentuk dukungan upaya mencapai kesetaraan gender. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada pukul 6 pagi di Epicentrum Epiwalk, Kuningan, Jakarta Selatan. 

7. Ratusan massa dari berbagai elemen juga berkumpul di Gedung Sate, Kota Bandung, dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional.




8. Jika kamu melihat Google Doodle hari ini, kamu akan melihat 12 seniman perempuan di dalam Google Doodle. Ke-12 seniman tersebut datang dari latar belakang dan kisah berbeda. Perempuan-perempuan tersebut adalah Anna Haifisch, Chihiro Takeuchi, Estelí Meza, Francesca Sanna, Isuri, Karabo Poppy Moletsane, Kaveri Gopalakrishnan, Laerte, Philippa Rice, Saffa Khan, Tillie Walden, dan Tunalaya Dunn.




Berikut adalah potret aspirasi dari perempuan-perempuan di Hari Perempuan Internasional ini, 










Jika kamu mau, kamu juga bisa mengunjungi situs International Women's Day di 
https://www.internationalwomensday.com

Selamat Hari Perempuan Internasional, untuk para perempuan di seluruh dunia ! :)

You Might Also Like

6 komentar

  1. Wah terselamatkan gara-gara tulisan ini, aku sempet lupa kalo hari ini hari perempuan internasional. Duh hampir saja lupa ahaha makasih ya mbak udah nulis hal bermanfaat gini :)

    BalasHapus
  2. perempuan yang ada dipoto kok kayak cewek ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya itu wanita gan wkwk

      Hapus
  3. wah nice info sis. selamat hari perempuan internasional! :)

    BalasHapus
  4. Paham deh gue maksudnya... Kesetaraan gender ya.. Bersaing tetap bersanding, bersanding tetap bersaing. Tapi kenapa ga ada hari laki - laki.....

    BalasHapus