Dapat Insentif Dari Kartu Prakerja

Halo guys, balik lagi sama gue venitanf di blog gue, nah di postingan kali ini, gue akan ngebahas soal Kartu Prakerja.

Gue mau sharing ke kalian cerita gue ikutan prakerja sampai dapat insentif perbulan, mudah-mudahan bermanfaat bagi kalian yang mau ikut daftar. 

Apasih Kartu Prakerja itu?

Menurut Wikipedia, Kartu Prakerja adalah sebuah kartu yang digalangkan dalam rangka program pelatihan dan pembinaan warga negara Indonesia yang belum memiliki keterampilan.

Awalnya gue nggak ngerti dan nggak tau apa-apa soal Kartu Prakerja. Kartu Prakerja ini udah lama banget ada, cuma gue baru ngerti baru-baru ini guys.

Suatu hari, gue ngeliat postingan orang-orang di sebuah grup facebook yang mendapatkan insentif dari program ini.

Nah dari situ gue mulai mencari tau gimana sistemnya, apa aja yang musti gue lakukan, dan lain-lain.

Gue langsung mengunjungi website nya di https://www.prakerja.go.id/

Pertama-tama gue harus ngisi data diri, menggunakan identitas KTP dan juga KK.

Setelah mengisi data diri, gue dikasih beberapa pertanyaan, dan juga beberapa soal matematika. 

Di bagian ini mungkin kalian harus ngisi secara benar ya nggak boleh asal-asalan, karena beberapa teman gue nggak lolos sampai di tahap ini.

Selesai menjawab semua soal, gue daftar di gelombang 4.

Setelah beberapa hari, gue cek ke website nya, ternyata gelombang 4 penuh dan gue harus ikut ke gelombang 5.

Langkah selanjutnya gue disuruh memilih rekening mana yang mau gue gunakan untuk kartu prakerja ini.

Pilihan nya hanya ada BNI, OVO, Link dan Go-Pay. Karena gue punya OVO, gue memilih OVO.

Jalan masih panjang guys, setelah gue pilih ovo, gue harus meng-upgrade akun ovo gue biar jadi ovo premier. Proses ini membutuhkan waktu kurang lebih 2 hari.

Setelah ovo gue berhasil di upgrade, akhirnya gue lolos gelombang 5 dan gue diberi saldo sebesar 1.000.000 untuk mengikuti pelatihan.

Saldo tersebut hanya bisa kita gunakan untuk membeli pelatihan ya guys, nggak bisa kita cairin.

Ada beberapa pelatihan disana, gue mengikuti pelatihan Bukalapak dengan kelas "Customer Service: Menguasai Teknik Pelayanan Terbaik" seharga 135.000 jadi sisa saldo gue ada 865.000.

Tips dari gue, pilihlah kelas yang harganya murah, biar seandainya kalian gagal, kalian bisa ikut beberapa kelas lain.

Untuk mengikuti pelatihan kelas, gue harus download aplikasi Skill Academy di play store.

Ada beberapa tahapan di dalam kelas tersebut, pertama gue mengerjakan soal latihan, tahap selanjutnya gue hanya menonton video-video penjelasan soal kelas yang gue pilih.

Setelah semua video selesai, kita harus mengikuti webinar dan harus mendownload aplikasi Zoom.

Apa itu webinar?

Webinar itu semacam kelas live di aplikasi Zoom, jadi kita bertemu dengan pelatihnya secara live.

Sebelum webinar dimulai, kita bebas memilih jadwal kita, gue memilih webinar jam 18.30.

Saat itu gue kerja dan pulang jam 18.00.
Rencana gue, gue pulang kerja langsung ikut webinar. Tapi gue nyampe ke rumah telat dan gue nggak ikut webinar karena waktu nya sudah terlewat.

Tapi nggak masalah guys. Kalo kalian terlambat ikut webinar, kalian bisa ikut esok harinya, gue memilih jadwal pukul 15.00 dan kebetulan hari itu gue libur kerja.

Jadwal webinar gue dari jam 15.00-17.00, selama 2 jam itu gue menyimak kelas live gue, gue mendengarkan si guru menerangkan tentang pelatihan gue. Ada beberapa pertanyaan yang harus kita jawab, ada juga sesi tanya jawab.

Setelah webinar selesai, kita harus memberi rating, baik di website kartu prakerja, di aplikasi skill academy, atau di bukalapak.

Harus kalian catat, ikut webinar dan memberi rating sangat penting untuk kalian bisa dapat insentif.

Langkah selanjutnya gue mengerjakan Exam. Kalo di awal gue ngerjain latihan, ini gue ngerjain ulangan. Gue mendapat nilai 100 di exam terakhir itu.

Setelah semua tahapan kelas ini selesai, gue tinggal menunggu sertifikat.

Sertifikat akan muncul dalam 2 tahap. Yang pertama sertifikat akan diberi setelah selesai webinar, yang kedua sertifikat yang muncul di dashboard.

Butuh beberapa hari untuk sertifikat nya muncul di dashboard. Sertifikat di dashboard inilah yang akan membuat insentif kalian cair.

Setelah lama menunggu, akhirnya sertifikat gue muncul di dashboard, dan gue langsung dapet jadwal insentif gue.

Insentif pertama gue dijadwalkan cair pada tanggal 9 September kemarin.

Untuk rekening ovo, insentif akan masuk sehari setelahnya, jadi insentif gue cair di tanggal 10 September.

Alhamdulillah, ternyata benar insentif cair sebesar 600.000 masuk ke rekening saldo ovo gue.

Gue bersyukur banget, ternyata perjuangan dari awal yang memakan waktu kurang lebih 2 minggu ada hasilnya.

Intinya kalian harus sabar mengikuti semua tahapan-tahapan kartu prakerja ini, memang agak ribet tapi untuk mendapat uang 600.000 nggak semudah itu, hehe.

Uang insentif yang cair kemarin, gue pake buat traktir keluarga gue makan-makan, dan juga buat ongkos gue kerja sehari-hari.

Buat kalian yang mau daftar atau mau tanya-tanya, dengan senang hati gue akan membantu. Semoga postingan ini bermanfaat ya guys.

Sampai jumpa di postingan selanjutnya, cheers!

-venitanf.

You Might Also Like

0 komentar