PSIKOTES

Beberapa bulan yang lalu sekolah gue mengadakan psikotes dari BHUMI PSIKOLOGI INDONESIA. Tes dimulai pada pukul 8 pagi. Setelah penguji masuk ke kelas, ia membagikan lembaran kertas dan menjelaskan bagaimana cara mengerjakannya.

Pertama gue harus mengisi data diri. Nama (nama gue yak, bukan nama mantan) , kelas, sekolah, tanggal dan lain-lain. Setelah itu gue mulai mengisi soal sesuai dengan instruksi si penguji. Soal tes ini dibagi menjadi banyak bagian. Ada yang tentang logika, itung-itungan, gambar, pokoknya banyak. Tiap-tiap bagian tersebut sudah ditentukan waktunya. Jadi gue harus mengerjakan soal sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. Misalnya harus ngerjain soal gambar dalam waktu 4 menit. Nah, sialnya.. gue kedapetan penguji yang nyebelin. Udah mah soalnya ribet, waktunya bentar, eh dianya ngomong terus.

"waktunya 4 menit"
"ayo dipercepat mengerjakannya"
"kerjakan dengan teliti"
"ayo dipercepat"
"waktunya 2 menit lagi"
"ayo mengerjakannya dipercepat"

Kan kesel ya. Sebenarnya gue pengen banget ngomong "iya bentar anying, ini juga gua lagi ngerjain, lu gausah ngomong mulu anying"

Ah, anying emang.

Saat sudah selesai mengerjakan soal itung-itungan, gue harus mengerjakan soal isian, kayak essay gitu. Soalnya absurd banget sumpah, makanya gue jawab dengan jawaban yang absurd juga, ini beberapa pertanyaan dan jawaban yang gue inget ;

1. Mengapa pemerintah mengeluarkan undang-undang perkawinan ?

Jawaban gue : Saya nggak tau. Jangan tanya saya. Tanya aja sama pemerintahnya.

2. Sebutkan alasan mengapa sepatu terbuat dari kulit

Jawaban gue : Karena kalo terbuat dari daging jadinya bukan sepatu, tapi rendang.

3. Mengapa janji harus ditepati ?

Jawaban gue : Janji mah emang harus ditepati. Kalo nggak mau ditepati makanya nggak usah bikin janji. Nanti dosa

Sisanya gue lupa apa aja pertanyaannya. Persetan sama hasil tes lah. Gue udah terlanjur kesel sama pengujinya. Tes berlangsung selama kurang lebih 4 jam sampai dengan pukul 12 siang.

Hasil tes baru gue ambil hari selasa 31 januari 2017. Gue harus mengambilnya di ruang guru. Setelah hasil tes gue ambil, gue ngobrol dulu sama guru gue tentang hasil psikotes ini. Fyi, dia psikolog.

Pas gue buka hasilnya, dia ngejelasin ke gue. Dikertas itu tertulis poin-poin tes beserta nilainya. Nilai paling tinggi gue ada pada Kreativitas. Dan paling rendah yaitu Logika & Orientasi Ruang dan Bidang.

Guru gue bilang, gue segala sesuatunya nggak pake logika tapi pake perasaan. Haha.
Kata sadis nya sih "logika gue nggak jalan". Tuh, ven makanya jangan pake perasaan mulu ah gimana si.

Nilai orientasi ruang dan bidang gue 5. Terus guru gue bilang "kamu pasti nggak hafal jalan ya". Ya, ini bener banget. Gue emang nggak hafal jalan. Jadi kalo kemana-mana tuh gue nggak tau harus lewat mana. Duh, gimana cara ngejelasinnya ya..
Misalnya gue disuruh ke rumah temen gue, nah gue nggak tau jalan menuju rumah dia tuh lewat mana. Gue selalu lupa. Walaupun udah pernah kesana sebelumnya. Untungnya sih gue masih bisa hafal arah sekolah sama rumah gue. Kalo nggak kan berabe yak, haha. Jadi jangan pernah nanyain lokasi/arah jalan ke gue. Gue nggak akan bisa jawab.

Ini adalah aspek psikologis dan poin yang gue dapat :

1. Inteligensi Umum : 10
2. Daya Analisa Sintesa : 6
3. Daya Tangkap : 10
4. Penalaran Verbal : 13
5. Penalaran non Verbal : 6
6. Kemampuan Numerik : 11
7. Luas Minat : 12
8. Kemampuan dasar teknik : 13
9. Orientasi Ruang dan Bidang : 5
10. Kreativitas : 19
11. Logika : 5
12. Kemampuan Administrasi : 15
13. Penyesuaian Diri : 9
14. Stabilitas Emosi : 7
15. Orientasi Kepemimpinan : 9
16. Kepercayaan Diri : 10
17. Ketegasan : 11
18. Kesanggupan Bekerja Sama : 9
19. Kemandirian : 11
20. Hasrat Berprestasi : 6
21. Kemauan Bertindak : 10
22. Sistematika Kerja : 8
23. Konsentrasi : 10
24. Kecepatan dan Ketelitian Kerja : 15
25. Daya Tahan Kerja : 8

Dan ini adalah peringkat/rangking multiple intelligences :

1. Word Smart
2. Sound Smart
3. Self Smart
4. Logic Smart
5. People Smart
6. Image Smart
7. Body Smart
8. Nature Smart

Nah, peringkat paling atas yang gue dapat adalah Word Smart.
Word Smart adalah kecerdasan yang berhubungan dengan berbagai kemampuan memahami informasi melalui kata-kata dan bahasa, baik tertulis maupun lisan. Mengekspresikan ide melalui kata-kata, baik tertulis maupun lisan, segala sesuatu yang berhubungan dengan komunikasi dan artinya.

Ya, itu gue banget.

Lalu ada arah minat. Arah minat gue adalah :
1. Artistik, Sastrawan, Sutradara, Dekorator Interior
2. Pengusaha, Produser Film
3. Konvensional, Sekretaris Perusahaan

Kelanjutan studi yang disarankan dengan program bidang studi :
1. Sekretaris
2. Wirausaha
3. Seni
Ini maksudnya adalah saran buat gue kalo mau ngelanjutin universitas harus kemana. Gitu

Dari keseluruhan hasil psikotes gue, IQ gue adalah 100. Itu tergolong rata-rata. Fyi, IQ ini nggak menentukan orang itu pintar atau bodoh. Belum tentu yang IQ nya kecil berarti dia itu bodoh, dan belum tentu juga yang IQ nya gede dia itu pintar. Tapi kalo mencintai kamu mah itu udah tentu. Eh

You Might Also Like

0 komentar