Pengalaman Kerja di Gotix Cake

Halo semua, apa kabar?

Sesuai dengan postingan minggu lalu, disini gua akan menceritakan pengalaman gua di Gotix Cake. Cerita ini bakal panjang (banget), jadi kalau kalian pengin tau, baca sampai akhir ya.

Pada tanggal 19 Juli lalu gua mengirim lamaran kerja lewat email ke Gotix Cake.

Tanggal 20 Juli, Gotix Cake mengirimkan email ke gua untuk panggilan interview pada hari sabtu tanggal 22 Juli.

Saat itu gua belum buka email. Jadi gua nggak tau bahwa Gotix Cake ngirim email ke gua. Gua baru buka email itu minggu malam.

Gua kaget banget pas baca email, karena waktu interviewnya udah lewat. Tapi, pas gua cek email dibawahnya, ternyata Gotix Cake mengubah jadwal interviewnya menjadi hari Senin, tanggal 24 Juli. Alias besok paginya.

Asli gua bersyukur banget karena jadwalnya di ubah, jadi gua masih diberi kesempatan buat ikut interview.

Coba kalau seandainya Gotix Cake nggak ngubah jadwal interviewnya, mungkin gua nggak bakal ikutan interview waktu itu, mungkin gua masih nganggur sampai sekarang.

Pelajaran dari sini adalah, kalau kalian ngelamar kerja lewat email harus sering-sering cek email ya! :D

Satelah membaca email itu, gua langsung menyiapkan lamaran gua. Gua latihan buat interview, bahkan gua sampai nyariin buku-buku matematika gua, terus gua pelajari ulang. Ya, takutnya ada tes yang susah-susah ya kan hehe.

Abis itu gua nyari tau tentang Gotix Cake di internet. Gua pikir Gotix Cake itu toko kue biasa gitu. Karena disini ada yang namanya Seblak Gotik, gua kira dia pindah haluan jadi cake gitu haha. Ternyata, Gotix Cake itu adalah toko kue artis kekinian milik ZASKIA GOTIK.

Awalnya gua nggak percaya. Ah, masa punya zaskia gotix sih. Untuk meyakinkan, gua langsung cek instagramnya Zaskia. Dan emang bener, dia mau buka toko kue pertamanya di Karawang.

Gua deg-degan tuh, takutnya yang ngeinterview nya Zaskia Gotiknya langsung gitu kan, haha.

Oh iya, pada saat itu gua nggak cerita sama orang tua gua kalo gua di panggil buat interview di Gotix Cake.

Gua mikirnya, kalo nanti gua nggak diterima pun, mereka nggak bakal tau dan nggak bakal kepikiran. Kalo gua diterima ya biar jadi surprise buat orang tua gua. Hehe.

Hari Senin, 24 Juli 2017..

Gua dijadwalkan interview jam 11 siang. Jam 10 gua udah berangkat kesana.

Oh iya, gua sempet buka facebook gitu, dan disana ada postingan yang kepanggil interview juga. Dan itu jumlahnya banyak. Gua makin deg-degan aja waktu itu.

Nyampe disana emang masih sedikitan orangnya. Makin kesini makin banyak aja orang yang datang. Gua makin nggak PD, soalnya ini pertama kalinya gua mengikuti walk interview.

Gua disuruh mengisi data oleh kakak-kakak cewek, namanya adalah Hilda. Dia itu seorang PIC.

Setelah dipanggil buat masuk, gua masuk. Ada sekitar 15 orang yang ada didalam pada saat itu. Kemudian Kak Hilda membagikan lembar soal. Kami semua diberi waktu 15 menit untuk mengerjakan soal tes tersebut. Tesnya adalah 20 soal matematika. Hanya penjumlahan, pengurangan, dan perkalian.

Gua optimis bisa mengerjakan soal itu, soalnya gampang menurut gua. Setelah semua selesai, lembar tes pun kembali dikumpulkan ke Kak Hilda.

Setelah itu kami disuruh menunggu di ruang tengah untuk menunggu giliran interview.

Satu persatu nama dipanggil, dan nama gua adalah nama terakhir yang dipanggil pada sesi tersebut.

Kak Hilda memberikan lembar tes gua, dan gua disuruh naik ke lantai 2.

Gua langsung naik ke atas dan masuk ke dalam ruangan, disana ada 1 orang yang sedang diinterview oleh bapak-bapak, yang sekarang gua ketahui namanya adalah Pak Fathur.

Dan gua dipersilahkan duduk oleh seorang Ibu-Ibu, bernama Ibu Susi.

Setelah gua duduk, gua memberikan lembar tes dan lamaran gua. Kurang lebih beginilah saat interview bersama Ibu Susi:

Ibu Susi : Panas ya disini, sebentar ya (sambil melihat handphone)
Gua : Iya bu (sambil tersenyum)
Ibu Susi : Kamu sampai disini jam berapa?
Gua : Jam setengah 11 sudah ada disini, bu.
Ibu Susi : Kamu lulusan tahun berapa?
Gua : Tahun ini bu, baru lulus.
Ibu Susi : Rumah kamu dimana? Jauh nggak dari sini?
Gua : Di Gang Beo Cinangoh, Bu. Lumayan, nggak begitu jauh.
Ibu Susi : Oh berarti deket ya, kalo jauh disini bisa mess.
Gua : Iya bu deket, hehe.

Ibu Susi : Kamu tau darimana disini ada lowongan?
Gua : Dari facebook bu, info loker.
Ibu Susi : Oh dari info lowongan ya (sambil menulis sesuatu di berkas lamaran gua)
Gua : Iya, bu.
Ibu Susi : Gotix Cake kan punya Zaskia Gotix, kamu tau nggak? ngefans nggak sama Zaskia?
Gua : Tau bu, tapi nggak ngefans, hehe.
Ibu Susi : Jadi Gotix Cake itu punya 5 varian rasa nanti.
Gua : (ngangguk-ngangguk aja)

Ibu Susi : Kerjanya juga ada shiftnya, terus nanti kamu training dulu 3 bulan, gajinya segini. Nanti, kalau diperpanjang gajinya naik jadi segini. Nggak apa-apa?
Gua : Iya bu, nggak apa-apa (sambil senyum)
Ibu Susi : Nanti kalau kamu kepilih, dihubungin lagi ya. Ada nomer teleponnya kan disini? (sambil melihat-lihat lamaran gua)
Gua : Ada bu, di amplop lamarannya.
Ibu Susi : Jangan disitu, tulis di lamarannya aja.
Gua : Iya bu (nulis nomer telepon)

Ibu Susi : Ini diperiksa dulu ya tes nya
Gua : Iya bu (asli gua deg-degan banget)
Ibu Susi : Kamu ngotret dimana?
Gua : Dibelakang nya bu, hehe.
Ibu Susi : (memeriksa tes) wah ini salah satu, nilainya 95.
Gua : Hehe (nyengir)
Ibu Susi : Terus Gotix Cake kan nanti mau buka beberapa cabang, di berbagai kota, kamu kalau dipindah-pindah siap nggak?
Gua : Siap bu.

Ibu Susi : Nanti kalau kamu dipilih, ibu hubungin lagi ya, tapi di trainingnya di Jakarta, kamu siap nggak?
Gua : Iya, siap bu.
Ibu Susi : Nanti ibu kasih alamatnya, kalau nggak tau, naik gojek aja ya, udah banyak kan gojek.
Gua : Iya bu, siap :)
Ibu Susi : Yaudah gitu aja ya, nanti dihubungin lagi. :)
Gua : Iya bu terimakasih (gua memberikan salam dan segera keluar)

Nggak butuh waktu lama, malamnya sekitar jam 18:30 gua dapet sms panggilan training kasir di Villa Cinere Mas.

Gua panik banget, gua nggak punya persiapan apa-apa, men!

Untuk memastikan kalau itu adalah panggilan dari Gotix Cake, gua menanyakan lewat sms, dan ternyata benar, itu adalah nomernya Ibu Susi Gotix Cake.

Jaman sekarang kan banyak penipuan panggilan kerja gitu. Jadi kalian hati-hati ya, kalau ada panggilan kerja yang alamatnya nggak jelas atau mencurigakan. :)

Di dalam smsnya disebutkan bahwa 4 orang dipanggil ke Villa Cinere Mas termasuk gua, gua tanyain aja siapa 4 orang itu. Dan gua di kasih tau nama dan nomer hp ketiga orang lainnya. Namanya Dinda, Yogi, Wulan.

Setelah gua ngontek mereka lama, akhirnya gua janjian sama Wulan. Dinda nggak diizinin buat pergi, dan Yogi mau berangkat sendiri.

Oh iya, gua juga sms papah gua dan ngejelasin gimana gua bisa dipanggil training gotix cake. Papah gua juga ikutan bingung, haha.

Malamnya gua malah nggak bisa tidur. Gua bingung mau berangkat apa enggak. Ini bener-bener mendadak dan gua nggak ada persiapan apa-apa. Asli gua nggak bisa tidur.

Akhirnya esok paginya gua dan papah gua bangun kesiangan. Mana HP gua belum di cas, batrenya abis. Nggak sempet sarapan, mandi buru-buru, langsung berangkat ke stasiun karena jam udah menunjukkan hampir jam 5, takut ketinggalan kereta.

Singkat cerita akhirnya gua naik kereta ke tanjung priuk dan tiba di stasiun tanjung priuk sekitar jam 7 pagi. Disana gua ketemuan dengan Wulan.

Dari stasiun tanjung priuk, kami bertiga membeli tiket kereta ke Depok. Sesampainya di Depok, kami harus menaiki angkutan umum sebanyak 2 kali.

Setelah muter-muter Villa Cinere Mas untuk mencari blok dan nomer villanya, akhirnya ketemu! Yeay!

Kami tiba disana siang hari, gua lupa jam berapa, sekitar jam 11/12 gitu, sangat telat dari waktu yang sudah ditentukan (jam 9).

Disana ada Papahnya Yogi nunggu sendirian diluar Villa. Gua lega banget karena papah gua ada temennya, hehe.

Gua dan Wulan masuk kedalam, kata orang yang ada disana, langsung aja naik ke lantai 2. Begitu masuk ke dalam ruangan, disana udah banyak orang nungguin kita.

Gua dan Wulan salaman dan minta maaf kalau kami berdua telat, untungnya mereka nggak marah dan mau memakluminya.

Setelah ngobrol-ngobrol, gua disuru ngisi absen, nyobain baju, dan nulis ukuran baju.

Oh iya, gua kasih tau ya siapa aja yang ada diruangan itu. Disana itu ada Kak Hilda, Kak Aang, Ibu Aisyah (mereka bertiga ada waktu walk interview di ruko gotix cake), Nadar, Aji, Riski, Elma, Hartini, Yogi, dan ada tim PC gitu, ada Mas Anto, Kak Levi, dan ada beberapa orang lagi yang gua nggak tau namanya. Anak Karawang itu cuma gua, Yogi, dan Wulan.

Kami semua nungguin Pak Fathur. Setelah Pak Fathur datang, dia mulai menjelaskan sedikit tentang Gotix Cake. Setelah itu, kami mulai disuruh belajar tentang kasir dan packing.

Disitu jujur gua nggak ada pengalaman apa-apa, gua nggak ngerti dan nggak tau apa-apa. Tapi dalam hati gua, gua ngomong "Lu bisa ven, lu harus bisa ven, lu pasti bisa!"

Akhirnya ada satu orang tim PC yang gua nggak tau namanya, dia ngejelasin semuanya. Mulai dari PC, mesin kasirnya, cara ngasirin, cara ganti shift, cara ganti kertas struk, cara ngeinput, dan lain-lain.

Setelah dia ngejelasin dan semuanya udah ngerti, gua dan yang lain disuruh mempraktekan satu persatu. Aduh disitu gua deg-degan banget.

Dan, yang pertama mulai adalah anak Karawang dulu. Karena baru pertama kali training. Kalau anak Jakarta dari kemarin-kemarin udah training duluan.

Gua praktek disitu, gua bener-bener dilatih disitu. Banyak banget yang gua dapet, banyak banget yang gua pelajari. Hal-hal yang belum pernah gua pelajari sebelumnya.

Gimana caranya jadi kasir, gimana caranya ngomong yang baik, gimana caranya kerja tim, gimana caranya harus bersikap ramah, sopan ke customer.

Selain kasir, kami semua juga diajarin packing. Gimana cara masukin cake yang bener, gimana cara nyusun box, gimana cara ngasihin cake yang baik ke customer.

Disitu juga kami disuruh nyobain Gotix Cake. Hari itu pertama kalinya gua nyobain Gotix Cake, hehe.

Setelah praktek, kami semua makan dulu. Kami disediain nasi padang, hehe. Setelah makan, kemudian shalat. Setelah itu baru kami lanjut praktek.

Sesekali gua melihat ke depan Villa, gua melihat papah gua dan papahnya yogi lagi berdiri diseberang Villa. Mungkin mereka gabut nungguin anak-anaknya training. Hehe.

Saat sudah selesai praktek, kemudian kami semua duduk. Kami diberikan pengarahan oleh Pak Fahtur. Beliau menjelaskan schedule Gotix Cake. Kapan anak Jakarta ke Karawang, Kapan Meet & Greet dilaksanakan, kapan Soft Opening & Grand Opening akan dilaksanakan.

Ibu Susi juga menjelaskan tentang peraturan kerudung, baju, celana, dan sepatu.

Setelah semuanya selesai akhirnya kami diperbolehkan untuk pulang. Kami keluar dari ruangan sekitar pukul 18:15.

Kami turun ke bawah, dan Ibu Susi memanggil anak Karawang. Ternyata beliau mengganti ongkos perjalanan kami ke Villa Cinere Mas ini, hehe.

Kami anak Karawang bingung mau pulang pake apa. Untungnya ada orang disitu yang baik mau mesenin Grab Car.

Akhirnya kami ber5 (gua, yogi, wulan, papah gua, papah yogi) menggunakan Grab sampai ke terminal. Dari terminal kami naik bus ke Karawang.

Singkat cerita akhirnya gua sampai di Tanjung Pura dan turun disana. Jam sudah menunjukkan sekitar pukul 23:00.

Setibanya dirumah, gua langsung mandi, makan, dan tidur. Sungguh hari yang melelahkan namun tak akan terlupakan!

...

Setelah hari itu, sehari, dua hari, tiga hari, nggak ada panggilan apapun lagi dari Gotix Cake. Gua udah mikir macem-macem "Apa gua nggak kepilih ya? Apa gua nggak bakal dipanggil lagi ya?"

Tapi akhirnya pada hari Sabtu tanggal 29 Juli, Ibu Susi mengirimkan sms. Gua disuruh datang ke Ruko Gotix Cake pada hari Senin untuk tanda tangan kontrak dengan Kak Aang.

Huh. Lega banget. Gua bersyukur banget, gua nangis, akhirnya gua dapet pekerjaan.

Kemudian nggak lama setelah itu gua di kasih tau kalo hari Minggu disuruh datang buat Meet & Greet bersama Zaskia Gotix dan Launching Gotix Cake di Mall KCP.

Mau tau gimana cerita keseruan Meet & Greet, Soft Opening, Grand Opening, dan gimana rasanya kerja bareng sama Zaskia Gotik? Tunggu kelanjutan ceritanya ya!

Terimakasih sudah mampir teman-teman, sampai ketemu lagi di cerita berikutnya ya, cheers!

You Might Also Like

2 komentar

  1. Mba mau tanya kalau mau ngelamar ke gotix cake bagaimana ? Alamat email nya apa ya ?

    BalasHapus
  2. Pengen daftar tapi gmna caranya ya.. lintang bercahaya adalah kumpulan kata islam

    BalasHapus