Fact Of Life

Dalam hidup, ada banyak kejadian - kejadian yang kita sendiri nggak ngerti kenapa itu bisa terjadi. Banyak pula hal-hal buruk yang menimpa kita. Karena itu, penting bagi kita untuk merenungkan hal - hal dalam hidup yang tak sepenuhnya indah dan positif.

Apa saja sih fakta tentang kehidupan yang harus sesekali kembali kita renungkan?

1. Kamu tidak akan bisa berubah demi orang lain. Kamu hanya akan berubah jika sudah paham bahwa sesuatu itu baik bagi dirimu sendiri.

Jika kamu berniat menunggu seseorang atau keajaiban untuk mengubah hidupmu menjadi lebih baik, maka bersiaplah untuk menunggu sepanjang hidupmu.

Seberapapun banyak buku motivasi atau tayangan motivasi yang kamu baca dan tonton, itu tidak akan bisa merubah kamu, jika kamu sendiri memang tidak punya niat untuk menjadi lebih baik. Satu-satunya orang yang bisa membuatmu jadi lebih baik adalah dirimu sendiri, bukan orang lain.

2. Jika terus menunggu waktu yang tepat, kamu tidak akan pernah mendapatkan waktu yang tepat.

Pasti kamu pernah menunda sesuatu yang harus kamu lakukan, karena kamu merasa waktu nya belum tepat? Memang kamu tahu kapan waktu yang tepat? Atau jangan – jangan ini hanya alasanmu karena kamu takut?

Berhentilah untuk menunggu – nunggu waktu yang tepat. Waktu yang tepat itu tidak akan ada jika kamu hanya terus menunggu. Lakukan saja apa yang perlu kamu lakukan. Lakukan hal itu saat ini juga dan berhentilah menunda – nunda.

3. Kamu akan selalu menemui kegagalan, bahkan ketika hanya beberapa sentimeter dari kesuksesan.

Setiap orang pasti pernah gagal. Jika kamu berkata kamu tidak pernah gagal, maka berarti, kamu tidak pernah berusaha.

Gagal adalah bagian dari kehidupan, bahkan orang – orang yang sukses itu pasti pernah mengalami kegagalan. Jadi berhenti mendramatisir kegagalanmu dan cobalah untuk move on.

4. Masa lalu akan terus memengaruhimu, namun kamu tak akan bisa mengubah masa lalu.

Kamu pernah melakukan sebuah kesalahan besar yang membuatmu ingin kembali ke masa lalu? Ya, mungkin tidak hanya dirimu, hampir setiap orang pasti pernah seperti itu.

Tapi, kita tidak akan mungkin kembali ke masa lalu, kan?

Jadi lupakan kesalahan masa lalu dan fokuslah pada kehidupanmu saat ini. Jangan jadikan masa lalu sebagai beban, namun jadikan kesalahan itu sebagai pelajaran yang bisa membuat masa depanmu menjadi lebih baik.

5. Kamu tidak akan pernah tau apa yang terjadi esok.

Tidak ada seorangpun yang tahu tentang hari esok. Tentang apa yang akan terjadi padamu satu jam setelah kamu membaca artikel ini.

Jadi, nikmati setiap detik yang ada dalam hidupmu, ambil setiap kesempatan yang tersedia untukmu dan besyukurlah atas hidupmu.

6. Pada akhirnya, kamu tidak akan "pulang" ke manapun kecuali ke dirimu sendiri.

Kamu tidak bisa selalu bergantung kepada orang lain. Tidak selamanya kamu bisa bergantung pada sahabatmu, pasanganmu bahkan keluargamu.

Jika sahabatmu telah sibuk dengan pekerjaan barunya, pasanganmu pergi meninggalkan kamu, atau kedua orang tuamu sedang sibuk bekerja di luar kota.

Kalau sudah begini siapa lagi yang bisa kamu andalkan selain dirimu sendiri?

7. Karena dunia ini bukan meja hijau, kehidpan tak akan bisa selalu adil.

Hidup seringkali terasa tidak adil. Misalnya, teman kamu yang nyontek mendapatkan nilai lebih besar daripada kamu yang udah belajar mati – matian, gebetan yang kamu taksir justru malah naksir sama teman dekatmu..

Ya, hidup memang terkadang tidak adil. Tapi, pasti ada alasan di balik semua peristiwa yang terjadi. Ikhlas dan relakan saja apa yang terjadi, karena jika kamu sudah ikhlas dan rela, peristiwa pahit itu akan lebih mudah dijalani.

8. Langkah pertama selalu menjadi yang tersulit.

Sama halnya dengan seseorang yang belajar berjalan, langkah pertama yang dijejaknya akan menjadi saat yang paling sulit. Namun, kamu nggak mungkin mendapatkan sesuatu tanpa melakukan sesuatu bukan? Seperti kata pepatah Cina "the journey of a thousand miles begins with a single step."

9. Jika kamu gagal, penyebabnya adalah dirimu sendiri.

Sering kali banyak orang, mungkin juga kamu, terlalu sibuk mencari penyebab kenapa kesuksesan tidak datang menghampirimu, dan kemudian terlupa jika yang menjadi penghalang kesuksesanmu adalah dirimu sendiri. Karena itu berhenti meratapi kegagalanmu, kemudian fokus dan yakinlah bahwa kamu pasti bisa sukses!

10. Hidup tak selalu tenang. Kamu harus selalu mempersiapkan kemungkinan terburuk, karena hidup adalah perang.

Karena hidup tidak akan pernah bisa untuk kita duga, maka hal yang paling penting untuk dipersiapkan adalah menyiapkan diri untuk kemungkinan terburuk yang bisa terjadi. Jangan mudah menyerah saat hidup membawamu jatuh terpuruk karena semua kesulitan yang kamu alami pasti ada hikmahnya.

11. Pada akhirnya, waktu kita di dunia ini benar - benar terbatas.

Setiap yang bernyawa pasti akan mati. Tidak peduli kamu itu sepopuler apa, sekaya apa, sehebat apa, tidak ada seorang pun yang bisa lari dari kematian.

Oleh karena itu persiapkan dirimu mulai dari sekarang dengan berbuat baik, ukir kenangan – kenangan indah bersama dengan orang yang kamu sayangi, dan jangan lakukan perbuatan yang akan membuatmu menyesal di kemudian hari.

You Might Also Like

0 komentar